Jumlah Kejadian, Korban, dan Taksiran Kerugian Bencana di Provinsi Jawa Barat Tahun 2018

Berikut adalah Visualisasi Data Kejadian dan Dampak Bencana di Provinsi Jawa Barat tahun 2018.

 

 

Di antaranya :

 

Jumlah Kejadian Bencana

Berdasarkan maps data jumlah kejadian bencana di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2018 hasil range data dibedakan menggunakan warna coklat muda hingga coklat tua, dalam maps terdapat beberapa jenis bencana yaitu Kebakaran, Banjir, Tanah Longsor, Angin Topan, Gempa Bumi dan Gelombang Pasang. Data jumlah kejadian bencana terendah terdapat di Kabupaten Banjar dengan jumlah kejadian sebesar 3 (dengan satuan kejadian), dan data jumlah kejadian tertinggi terdapat di Kota Bogor dengan nilai jumlah kejadian 213 kejadian. Pada range data jumlah kejadian bencana tinggi terdapat di Kota Bogor dan Kabupaten Subang. Hal ini menujukan bahwa dua kota tersebut menjadi fokus kejadian bencana Provinsi Jawa Barat.

 

Jumlah Korban Bencana

Berdasarkan treemaps data jumlah korban bencana di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2018 hasil range data dibedakan menggunakan warna coklat muda hingga coklat tua, dalam treemaps terdapat beberapa kondisi korban yaitu Menderita, Hilang, Meninggal, Luka-luka, dan  Mengungsi. Data jumlah korban bencana terendah terdapat di Kabupaten Cirebon dengan jumlah kejadian sebesar 10 (dengan satuan korban), dan data jumlah korban tertinggi terdapat di Kota Tasikmalaya dengan nilai jumlah kejadian 43653 orang. Pada range data jumlah kejadian korban tinggi terdapat di Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Subang. Hal ini menujukan bahwa dua kota tersebut menjadi fokus korban bencana Provinsi Jawa Barat.

 

Taksiran Kerugian Bencana

Berdasarkan packed bubbles data jumlah taksiran kerugian bencana di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2018 hasil range data dibedakan menggunakan warna coklat muda hingga coklat tua, data taksiran kerugian  bencana terendah terdapat di Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah taksiran kerugian bencana sebesar 20.000.000 (dengan satuan rupiah), dan data jumlah taksiran kerugian bencana tertinggi terdapat di Kabupaten Indramayu dengan nilai taksiran kerugian 1.400.000.000 rupiah. Pada range data taksiran kerugian bencana tinggi terdapat di Kabupaten Indramayu dan, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bekasi. Hal ini menujukan bahwa tiga kota tersebut menjadi fokus taksiran kerugian bencana Provinsi Jawa Barat.

 

Sumber data : Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat, 2018.

Visualized by Jabar Digital Service.