Maksimalkan Potensi Pariwisata, Wujudkan Jawa Barat sebagai Provinsi Pariwisata

September 26, 2019

 

Salah satu visi Ridwan Kamil untuk Jawa Barat di periode kepemimpinannya adalah menjadikan pariwisata sebagai lokomotif ekonomi sehingga Jawa Barat dapat menjadi Provinsi Pariwisata.

 

Pariwisata memang merupakan salah satu potensi Jawa Barat yang paling besar.

 

Di Jawa Barat, tahun 2017 tercatat ada 1.128 lokasi objek dan daya tarik wisata dan 93 kawasan pariwisata. Tiga kabupaten/kota dengan lokasi terbanyak adalah Kabupaten Garut (33 lokasi), Kota Bogor (22 lokasi), dan Kota Tasikmalaya (13 lokasi).

 

Objek dan daya tarik wisata di Jawa Barat, menurut Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat, pada tahun 2017 sukses menarik 42 juta wisatawan nusantara dan 17 juta wisatawan mancanegara. Dari sektor pariwisata ini, pendapatan asli daerah Jawa Barat mencapai 577 miliar rupiah.

 

Potensi yang begitu besar ini dilihat Ridwan Kamil sebagai sebuah peluang bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat. Menurut beliau, walaupun sudah cukup berhasil, pariwisata di Jawa Barat perlu ditingkatkan lagi.

 

Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa pariwisata di Jawa Barat masih banyak yang belum dikelola dengan baik, akses masih kurang, dan promosi kurang gencar dilakukan sehingga belum dikenal secara luas.

 

Untuk mencapai cita-cita Jawa Barat menjadi Provinsi Pariwisata, pemerintah provinsi mendorong pengembangan destinasi dan infrastruktur untuk memoles lokasi wisata dengan anggaran mencapai Rp500 miliar. Strateginya adalah: memperbaiki akses menuju lokasi wisata; membuat destinasi unggulan berkelas nasional dan internasional; serta membentuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kawasan pariwisata seperti Pangandaran.