DBD Salah Satu Penyebab Kematian Tertinggi di Jawa Barat

September 26, 2019

 

Kejadian Luar Biasa (KLB) adalah timbulnya atau meningkatnya kejadian kesakitan dan/atau kematian yang bermakna secara epidemiologi pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu dan merupakan keadaan yang dapat menjurus pada terjadinya wabah (Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1501/ MENKES/PER/X/2010).


KLB di Jawa Barat terdiri dari 7 jenis wabah penyakit yaitu : (1) Campak, (2) Demam Berdarah, (3) Difteri, (4) Flu Burung/SARS, (5) Hepatitis E, (6) Malaria, (7) Muntaber/Diare dan Penyakit lainnya.


Berdasarkan cakupan wilayahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit dengan cakupan wilayah terbanyak. Sebanyak 469 desa/kelurahan di Jawa Barat terjangkit wabah penyakit DBD. Dengan total 2.766 orang penderita, penyakit DBD menjadi penyakit dengan jumlah penderita nomor dua terbanyak setelah penyakit muntaber/diare namun jumlah penderita yang meninggal karena penyakit DBD menjadi yang terbanyak dibandingkan penyakit lain jumlahnya mencapai 137 orang. Kasus penderita yang meninggal dunia karena DBD mayoritas terjadi di Kabupaten Cirebon, dari 414 orang penderita 43 orang diantaranya meninggal dunia.


Secara kumulatif, penderita Kejadian Luar Biasa (KLB)/wabah penyakit selama setahun terakhir yang berhasil ditangani mencapai 97,5% atau sebanyak 8.849 penderita dapat disembukan. Sedangkan sisanya dari 9.078 orang penderita, penderita yang meninggal karena kejadian luar biasa (KLB) jumlahnya mencapai 2,5% atau sebanyak 229 orang penderita.